GOTONG ROYONG PENINGKAT ANTUSIASME DAN SOLIDARITAS - Pacangan

Terbaru

Post Top Ad

Rabu, 25 Juli 2018

GOTONG ROYONG PENINGKAT ANTUSIASME DAN SOLIDARITAS


Desa Pacangan  merupakan salah satu desa yang memiliki kekayaan alam salah satunya sumber mata air, namun hal tersebut sangat disayangkan dikarenakan kurangnya antusias dari masyarakat untuk mengelola sumber mata air tersebut. Antusiasme tersebut berusaha untuk ditingkatkan dengan cara diadakannya gotong royong untuk membersihkan salah satu sumber mata air yaitu “Sumber Gantung” dan tempat balai desa baru yang akan ditempati untuk melakukan aktivitas kedesaan.  Gotong royog tersebut akan dilakukan oleh masyarakat Pacangan khususnya Karang Taruna RAGAFATMI, beserta teman-teman KKN 62.


(Minggu, 22 Juli 2018), pelaksanaan untuk pembersihan sumber mata air dan balai desa sesuai dengan yang telah direncanakan. Pelaksanaan gotong royong tersebut di bagi menjadi 2 bagian, bagi perempuan bertugas untuk membersihkan balai desa sedangkan bagi laki-laki bertugas untuk membersihkan sumber mata air “Gantung”. Tempat yang akan dijadikan balai desa merupakan salah satu rumah warga yang tidak ditempati oleh penghuninya, sehingga kepala desa menyewa tempat tersebut untuk dijadikan balai desa baru. Pembersihan balai desa dimulai dari mengeluarkan barang-barang yang tidak dipakai, seperti lemari, kasur, peralatan dapur, pakaian dan lain sebagainya. Kemudian dilanjutkan dengan menyapu, membersihkan sawang-sawang, menyapu, menyikat kerak dan mengepel lantai. Tugas yang dilakukan laki-laki adalah membersihkan sekitar sumber mata air Gantung, seperti memotong rumput, menebang beberapa pohon yang sudah tua dan membakar sampah yang sudah terkumpul.
Manfaat dari adanya gotong royong tersebut memberikan peluang bagi KKN 62 untuk berbaur dengan masyarakat desa Pacangan dan saling mengenal satu sama lain. Kegiatan gotong royong diakhiri dengan makan bersama oleh warga Desa Pacangan dan seluruh anggota KKN 62 untuk meningkatkan rasa solidaritas antara anggota KKN 62, masyarakat dan Karang Taruna Ragafatmi. Kegiatan gotong royong diharapkan hubungan masyarakat Desa Pacangan dan seluruh anggota KKN 62 menjadi lebih akrab dan saling mendukung terkait program kerja KKN 62 maupun program kerja kedesaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad