PAHLAWAN TANPA JASA DARI UTM - Pacangan

Terbaru

Post Top Ad

Kamis, 10 Agustus 2017

PAHLAWAN TANPA JASA DARI UTM

        Setelah selama 3 hari menjadi warga Pacangan, KKN 48 juga mencoba menjadi Pahlawan Tanja Jasa, cielah.. sedikit bercerita saat datang ke desa Pacangan, kami melihat hanya terdapat 1 Sekolah Dasar beserta 1 Madrasah Diniyah, dengan jumlah murid yang lumayan banyak, tidak ada Sekolah PAUD di desa Pacangan, dimana PAUD ini merupakan sekolah yang harus ditempuh oleh anak didik sebelum melanjutkan ke jenjang SD, nah KKN 48 lagi- lagi berinisiatif untuk menjadi tenaga kerja dadakan sebagai Pahlawan Tanpa Jasa untuk adik-adik umur 2-3 tahun ini dikarenakan tidak ada tenaga kerja untuk mengajar PAUD. Sekolah ini dilakukan dirumah Kepala Desa Pacangan, tidak dilaksanakan disekolah seperti umumnya, karena sekolah ini masih beum mendapat payung hukum.
          Pengalaman selama mengajar banyak sekali kendala, selain peserta didik yang tidak mengerti Bahasa Indonesia hingga siswa yang sangat aktif tidak ingin berhenti bermain(alias gamau belajar) hehe, namun itu semua bisa kami lalui dengan kerja sama kelompok KKN 48 yang kompak banget. Lokasi Pacangan yang terletak lumayan jauh dari perkotaan membuat porsi belajar siswa kurang maksimal hanya belajar di Sekolah saja, ingin mengatasi masalah tersebut, KKN 48 juga mengajar les untuk siswa Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama.
          Pengalaman pertama mengajar peserta les SD dan SMP masih sedikit peminatnya, kami mencoba untuk menggunakan metode mengajar yang fresh tidak menoton seperti disekolah, alhasil metode ini membuat ketertarikan peserta les menjadi lebih banyak dan membuat tujuan kami untuk meningkatkan SDM masyarakat Pacangan mendapat pencerahan cielah hehe.
          Warga sekitarpun memberikan respon positif terhadap kegiatan kami ini, salah satu warga bahkan mengatakan, “Saya suka dengan adanya kegiatan mengajar ini, adik saya lebih senang belajar sekarang” tungkas salah satu pemuda Pacangan. Sampai saat ini, hari ke-20 kami menjadi warga Pacangan siswa terus berdatangan untuk belajar bersama KKN 48

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad